My Umroh Journey: Umroh Bareng Komunitas Umroh Tiket Murah

Mei 23, 2017 fikhanza 24 Comments


Man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil :)

Alhamdulillah, setelah 3 tahun drama menuju tanah suci yang bisa di baca di sini, akhirnya undangan itu datang jugaaaa. Yeaaaaay! Undangan yang datang di saat nggak diduga-duga. Disaat hati udah ikhlas se-ikhlas-ikhlasnya.

Semua berawal dari browsing tiket menuju Nepal yang malah berakhir beli tiket ke Jeddah gara-gara liat postingan di Group UTM. Nge-chat tengah malem ( tepatnya pukul 11;47 WIB) ke Om Ikhsan, founder UTM, yang lagi nunggu pertandingan bola, sampai akhirnya bener-bener bisa nyentuh pasir Arab dan lonjak-lonjak di Masjidil Haram. Good thing comes in a good time. Semua proses dari ngurus administrasi sampai perjalanan umrohnya sendiri berjalan lancar, smooth, tanpa drama dan tanpa hambatan. Pokoknya kayak jalanan Sudirman kalo lagi libur lebaran!


Makasih sebesar-besarnya tentunya buat Allah tercinta yang Maha Segala-galanya. Buat keluarga, tetangga dan temen-temen yang kece mandraguna. Makasih super spesial pake telor ayam kampung tentunya buat admin-admin UTM yang baiiiik banget. Om Ikhsan, Uda Zul, Mbak Evie & Rio, moga Allah bales bermilyar-milyar kali lipat kebaikannya. Buat Mbak Wulan yang selalu ramah didatengin tiap siang bolong buat urus administrasi. Buat Adon si kepala suku yang udah urusin kami para jamaah yang sering cerewet. Buat Pak Kafi muttowif ketje yang udah bikin cita-cita makan ayam ALBAIK tercapai, buat mas-mas dan mbak-mbak catering di Madinah dan Mekah yang udah nyiapin makanan yang enak dengan sambel dan kerupuk yang rasanya jawara. Buat mbak penjaga air zam zam yang udah ngajarin tips dan trik menuju Rawdah. Buat mbak-mbak Turki yang cantiiik banget kayak di sinetron Turki yang tayang di ANTV yang udah jagain dan mastiin kepala ini nggak diinjek-injek pas sholat di Rawdah. Dan tentunya buat keluarga baru tercinta, Jamaah UTM Kloter 8 Mei yang baik hati, ramah, nggak sombong, rajin belanja dan rajin selfie. Aku padamu lah pokoknya! :*

Buat teman-teman yang belum tahu apa itu UTM dan gimana gabung umroh bareng UTM, ini beberapa hi-lite yang bisa aku rekap yaa. Semoga yang belum umroh, bisa nyusul berangkat. Yang udah berangkat bisa berangkat lagi. Dan yang udah berangkat pas masih single bisa berangkat lagi sama jodohnya, hahahaa (AMIN YANG KENCENG!)



UTM itu apa siih?
UTM a.k.a Umroh Tiket Murah itu semacam komunitas. Bukan travel. Bukan organisasi pemerintah apalagi biro jodoh. Komunitas ini sifatnya non-profit. Prinsip yang ditekenin tentunya gotong royong dan kekeluargaan. Jadi kalau mau gabung sama UTM, harus siap saling tolong menolong, pro aktif dan punya inisiatif.

Cara gabung UTM gimana?
Silahkan langsung gabung di group facebooknya di sini  atau search di facebook pakai keyword Umroh Tiket Murah. Kalau udah ketemu, jangan lupa klik JOIN / Bergabung. Tunggu aja sampe kamu di approved sama adminnya. Kalau udah di approved silahkan baca postingan-postingan di situ dan cari informasi yang kamu butuhin. Nggak boleh males baca lhoo. Ayat pertama Al Quran yang turun pertama aja bunyinya IQRA ;)



Kalau mau ikutan umrohnya, gimana sih? 
Biasanya kalau lagi ada promo tiket pesawat yang udah teruji secara klinis, admin UTM akan buka kloter. Tugasmu cukup pantengin group facebook nya. Pas para Admin udah publish kloter baru, silahkan baca informasinya secara seksama dan langsung booking sendiri tiketnya.

Lah, kok booking tiket sendiri? Iya, jadi di UTM ini, kita beli tiket sendiri-sendiri. Cocokin sama tanggal dan maskapai yang udah diinformasikan para admin. Kalau bingung beli tiketnya, gimana doong? Bisa minta tolong sama adminnya kok. Tapi harus sabar dan jangan grasak grusuk. Woles aja brooo, rejeki nggak kemana #haseeek

Setelah kamu booking tiket, kamu bakal di-invite ke group kloternya. Disitu kamu bisa kenalan, tanya-tanya atau bahkan curhat :p

Duh, kok nyari jadwal yang cocok nggak ada ya? Yah namanya juga Umroh Tiket Murah broo, jadi berangkatnya disesuaikan sama kapan ada promo. Silahkan baca mindset yang sebaiknya kamu punya sebelum jadi pejuang tiket promo biar nggak gagal paham.



Dokumen yang harus disiapin apa aja? 
Setelah tiket udah ditangan, yang harus kita urus adalah dokumen-dokumen buat ngurus visa. Apa aja dokumennya? Ini list-nya yaaah:
1. Pas Foto background putih dengan kenampakan muka 80%:
3 x 4 - 3 lembar (tulis nama lengkap di baliknya)
4 x 6 - 3 lembar (tulis nama lengkap di baliknya)
2. Kartu suntik meningitis ( Buat dapat kartu ini silahkan urus masing-masing ke RS / klinik yang menyediakan vaksin meningitis di kotamu. Googling aja alamatnya kalo bingung).
3. Paspor asli dengan 2 suku nama (belum punya paspor? Yan bikin dulu dong kakaaaak :D )
4. Buku nikah asli untuk istri (buat yang pergi bareng suami)
5. Akte kelahiran yang udah dilaminating.  Wajib bagi:- Pria umur 17 tahun dan 17 tahun kebawah (Termasuk anak2)- Wanita 45 tahun dan di bawah 45 tahun (Berlaku juga buat ciwi-ciwi yg berangkat nggak bareng suami atau mahromnya)
6. Tiket keberangkatan-kepulangan asli. Termasuk tiket dari daerah asal keberangkatan. ( Silahkan print tiket yang udah kamu booking sebelumnya)
7. Anak-anak harus melampirkan KK asli

Trus - trus abis itu ngapain?
Sambil nunggu visanya jadi, silahkan selesaikan pembayaran LA alias Land Arrangements yang mencakup biaya hotel, transportasi, makan, muttowif, handling bagasi, snack dan city tour. Untuk jumlah yang harus dibayarkan akan diinfokan Admin UTM.

Nanti juga bakal ada manasiknya. Tapi kalau berhalangan atau mau manasik di kota sendiri ya monggo. Jangan lupa ambil koper dan aksesoris rombongan di rumahnya Om Ikhsan. Kalau kamu di luar kota bisa minta tolong dikirim. Ongkir jangan lupa tanggung sendiri ya Gan :D

Persiapan berangkat umroh

Nah kalau ini silahkan packing alat perang kamu menuju tanah suci. Kalau mau ngintip persiapanku silahkan cek di: My Umroh Journey: Persiapan Umroh

Jadwal kegiatan

Jadwal ini sifatnya tentatif, tergantung ikut kloter yang mana. Kalau kloterku kira-kira agendanya begini:

1. Ziarah dalam Masjid Nabawi (ziarah Baqi, ziarah Makam Rasul SAW, Abu Bakar RA, Umar RA, Raudhah) dan ke Musium Al-Quran serta Musium Asmaul husna
2. City Tour  dan Ekstra Ziarah (Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain & Masjid Khandak) , Percetakan Al Quran
3. Miqot di Masjid Bir Ali
4. Pelaksanaan umroh
5. Ziarah dalm Masjidil Haram ke Rumah Kelahiran Rasul ( Maktabah Makkah)
6. City Tour di Mekah  (Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina (Jamarat), Jabal Nur), Mengambil Miqot di Hudaibiyah untuk Umrah ke - 2

Sebenernya banyak agenda kosong kok. Pinter-pinternya kita aja manage waktu. Bisa buat itikaf di masjid, bisa buat jalan-jalan sekitar Madinah atau Mekah, bisa belanja-belinji, bisa foto-foto di spot-spot kece, bisa jajan-jajan lucu, pokoknya banyak yang bisa dilakuin. Jangan ngerem di hotel aja. Sayang broo udah jauh-jauh dari Indonesia. Tapi tetep harus sadar diri juga, kalau butuh istirahat ya jangan dipaksa. Pokoknya keep woles and focus.

Kalau ada waktu jangan lupa juga buat beli Ayam ALBAIK, Ini endeeusssss rasanya. Silahkan baca tentang Ayam ALBAIK yang super baik di sini .

Akomodasinya bagus nggak? Jangan-jangan bayarnya murah jadi murahan
Duh jangan sedih shaaaaaaay! Dari awal jemput di bandara, city tour sampe dianter ke bandara buat pulang, semua pake bus full AC yang tempat duduknya bobok-able. Makanannya cucok sama lidah orang Indonesia lengkap sama sambel dan kerupuk. Ada buah, roti sama macem-macem minuman, Silahkan pilih mau yang anget apa dingin.

Untuk kloter UTM 8 Mei, alhamdulillah dapet hotel di Madinah yang lovely banget, Al Majeedi. Depan pager Masjid Nabawi persis. Ada mesin cuci, TV, AC, pokoknya lengkap dan sangat ramah sama lansia. Jadi embah-embah ndak perlu jalan kaki jauh buat ke mesjid.

Kalau di Mekah dapet hotel Rawabi Zamzam. Memang nggak sedeket hotel di Medinah, tapi not bad kok. Mayan deket dari Masjidil Haram. Kamarnya juga enak. Cuma jalannya agak nanjak jadi agak berasa di kaki buat para sesepuh. Sayangnya pas nginep di sana, ini hotel sering mati lampu jadi lift nya mati. Sempet ngerasain pake tangga naik turun dari lantai 12. Walaupun pernah jadi atlet, tapi lumayan bikin kaki nyut-nyutan lho ini, hahaha. Tapi anggaplah itu amal tambahan dan ikhtiar buat nyehatin badan :D

Biayanya total berapa sih?
Nah kalau ini tiap orang beda-beda yaa. Kalau budget yang udah aku keluarin kira-kira begini:

1. Tiket Jakarta - Jeddah PP + bagasi + Seat + Makan: 7.600.000
2. Transport dari rumah ke Airpiort: 60.000
3. Vaksin Meningitis: 305.000
4. Vaksin flu ( ini nggak wajib): 250.000
5. Biaya LA kamar quad: USD 385 / IDR 5.120.500
6. Biaya visa umroh dan asosiasi: IDR 1.197.000
7. Biaya koper dan aksesoris: 700.000
8. Biaya mahrom: 500.000
9. Total belanja, jajan lucu dan amal: 410 Riyal / IDR 1.455.500
10. Transport dari airport ke rumah: 60.000

Total semuanya: 17.248.000 ( ini biaya dari keluar rumah sampe nginjek kaki lagi ke rumah tercinta).

Nah kira-kira begitulah cerita umroh dan seluk beluk umroh bareng UTM. Semuanya based on my experience yaa. Alhamdulillah happy lahir batin. Pulang-pulang langsung bikin wish list baru biar bisa balik lagi kesana buat ibadah umroh dan ibadah haji sebelum umur 35 tahun ( Deadline-nya 8 tahun lagi. Semangat!!). Moga next umroh udah sama suami biar bisa kayak temen satu rombonganku, si Mbak Yeni sama Mas Respati yang tiap pulang pergi ke Mesjid gandengan tangan (Nggak tahu apa di belakangnya ada single! Zzzzzz -_-" ) atau kayak Mbak Rinfi yang bisa nyium hajar Aswad bareng suami tercintanya si Mas Andri, heheheeee.

Masih bingung? Let me know or just ask me the question yaa. Sebisa mungkin insyaallah dijawab :)


Find me on @fikhanza

24 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak yu..biaya mahrom itu buat yang berangkat tanpa suami ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Mbak. Biaya mahram itu untuk yang belum menikah tapi pergi sendiri tanpa didampingi mahram (misalnya ayah) atau yang sudah menikah tapi tidak berangkat bersama suami :)

      Hapus
  2. Assalamualaikum mba..
    makasih banget ud ngeshare secara mendalam ttg umroh di UTM terutama di detil biaya nya.
    sy br join grup UTM tp gada yg ngeshare biaya terupdate.
    mba mau tanya dong.
    1. kmrn pake pesawat apa mba?
    2. utk LA qt bayar ke admin UTM ny berupa rupiah ato dolar ya?
    3. kmrn mba utk visa umroh diurus sendiri ato sm admin UTM ya?
    makasih ya mba kira ny menjawab pertanyaan sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa;alaikumsalam Mbak. Alhamdulillah kalau infonya bermanfaat. Aku jawab satu-satu ya:
      1. kalau aku naik pesawatnya air asia transit di KL. Tadinya mau ikut yang Oktober pakai Garuda, harganya waktu itu masih sama kayak harga yang air asia, cuma akhirnya pilih berangkat bulan Mei aja :)

      2. Untuk LA transfer dalam bentuk dolar Mbak ke rekening dollar Mbak Wulan ( Istri Om Ikhsan).

      3. Yang ngurus sendiri cuma beli tiket pesawat sama buku kuning aja kok Mbak, cukup datang ke RS / klinik yang menyediakan vaksin meningitis. Selebihnya dibantu urus sama UTM :)

      Hapus
  3. Aslm mbak mau nanya yaa.. klo LA itu mau ngurus sendiri bisa/nggak ya? Dan caranya gimana kalo bisa.. itu LA udah include hotel madinah & mekkah, konsumsi, bis makkah-medinah-mekkah, dan bis ke miqot kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Nuri, setahuku LA memang bisa diurus sendiri, tapi syaratnya gak gampang, tergantung masing-masing travel. Apalagi kalau yang berangkat hanya sedikit ( bukan rombongan). Kecuali kalau punya travel yang udah kenal dekat, mungkin akan lebih gampang. Iya LA termasuk itu semua Mbak :)

      Hapus
  4. Assalamualaikum mbak,

    Aku mau tanya cari tiket pesawatnya itu di traveloka atau apa mbak stlh dpt issued dari UTM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di web site manapun sebenarnya bisa Mbak. Mau beli langsung ke kantor maskapai juga bisa. Yang penting jadwal pesawatnya mengikuti jadwal pesawat ( jam dan tanggal keberangkatan dan kepulangan) yang di post admin :)

      Hapus
  5. Thank you sharing sekaligus curcolnya Kak, hahaha. Suka gaya tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you sudah baca. Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  6. Halo Mbak mau tanya. Kalau untuk yang udah sepuh, cukup nyaman nggak y join umroh bareng UTM? Saya mau daftarkan orang tua tapi takutnya gaya umroh seperti ini hanya cocok untuk yang muda. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah aman dan nyaman. Kemarin rombongan saya jg banyak yang sudah tua kok. Semuanya under control. Hotelnya juga deket bgt sama masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Jd fine fine aja sih :)

      Hapus
  7. Assalamualaikum mb
    Mau tanya, dengar2 skrg ada kebijakan umroh harus dengan travel agen. Gimana kasusnya jika umroh dengan UTM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Setahu saya sih boleh umroh mandiri Mbak.Teman-teman backpacker banyak yg udah melakukan kok. Cuma untuk pengurusan visa tetap melalui travel. Banyak travel yg menyediakan pengurusan visa & LA aja kok. Cuma biasanya salah satu syaratnya harus rombongan. Jd tdk bisa sendirian berangkatnya. Krn pihak travel hrs menjamin visa umroh digunakan dgn sebagaimana mestinya :)

      Hapus
  8. Assalamu alaiykum ..
    untuk di sana apakah ada pemandunya .. insya Allah saya berencana berangkat bulan 11 4 orang , lalau kalau untuk anak usia 5 tahun apakah sama biayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam. Iya ada muttowifnya. Dari pertama kita baru sampai di bandara king abdul aziz sudah didampingi kok. Selama di bus dan pelaksanaan umroh jg akan dipandu bacaannya. Pas city tour juga dipa du dan dikasih informasi bangunan2 apa aja yg sedang dilewati dan akan dikunjungi :)

      Hapus
    2. Wa'alaikumsalam. Iya ada muttowifnya. Dari pertama kita baru sampai di bandara king abdul aziz sudah didampingi kok. Selama di bus dan pelaksanaan umroh jg akan dipandu bacaannya. Pas city tour juga dipa du dan dikasih informasi bangunan2 apa aja yg sedang dilewati dan akan dikunjungi :)

      Hapus
  9. Alhamdulillah namaku ke sebut di tulisan ini...nunut tenar yaa....

    BalasHapus
  10. Biaya slametan dan oleh2 buat tetangga sudaj include kah? ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena selametan dan oleh-oleh tdk saya anggap kewajiban, jd saya gak pake gituan Mas. Tetangga-tetangga dan keluarga cuma request air zamzam & titip doa untuk dibaca di Rawdah dan Masjidil haram :)

      Hapus
  11. ijin save/share di timeline fb sy ya mba 😊
    uda coba 2x add group nya, tp di approve euy..

    BalasHapus
  12. Mbak, untuk hotelnya (terutama di makkah) apakah udah pasti hotel itu atau berganti2 hotel?

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum mba.. mau tanya, itu akte lahir untuk buat visa wajib ya bagi perempuan yang masih single dibawah umur 45 tahun? terimakasih sebelumnya ^^

    BalasHapus