My Umroh Journey: Drama Menuju Tanah Suci

Mei 22, 2017 fikhanza 0 Comments


Katanya, keajaiban itu muncul disaat kita ikhlas seikhlas-ikhlasnya.
Lapang selapang-lapangnya. Tawakal setawakal-tawakalnya :)

3 tahun, itu waktu yang udah dilewati buat ikhtiar ke tanah suci. Gw pikir umroh itu perkara uang. Kalau udah punya uang, tinggal daftar ke travel umroh, duduk manis sambil nunggu jadwal keberangkatan, lalu cusss berangkat. Ternyata itu semua salah nol besar pemirsaaaaah!


3 tahun ini kayaknya Allah bener-bener ngajarin apa itu sabar. Rencana buat ke tanah suci ini bener-bener penuh drama. Mulai dari ada saudara yang lagi butuh uang, temen lagi ada yang kena musibah, renovasi rumah orang tua yang atapnya tiba-tiba ambruk, sampe di PHP-in 3x sama travel umroh. Travel umroh yang tahun lalu saksyes berangkatin Mama, ternyata tahun ini kena kasus. Sebelumnya juga pernah daftar ke salah satu travel yang cukup hits di media sosial dan owner-nya gw kenal, tapi hasilnya sama: batal berangkat. Ouweeeellll! :(

Sampai di akhir Februari 2017, tanda-tanda bisa berangkat ke tanah suci belum keliatan hilalnya. Dari situ gw memutuskan buat mengikhlaskan semuanya. Mungkin belum waktunya. Mungkin belum rejeki. Mungkin Allah nyuruh traveling ke tempat lain dulu. Mungkin Allah ngasih waktu buat banyakin tabungan dulu. Dan mungkin-mungkin lainnya yang bisa dipikirin buat ngejaga hati tetep husnudzon. Gw ikhlas kalau di 2017 dan 2018 belum juga bisa berangkat. Apalagi tahun ini rencananya mau nikah dan siapa tahu juga abis nikah langsung dikasih rejeki anak ( PD banget yaaa. Amin aja deh pokoknya. Brb cari jodoh hahaha).



Di salah satu malam di bulan Maret, tepatnya tanggal 7 sekitar jam 8 malam, gw stand by di depan laptop buat cari tiket ke Nepal, salah satu negara impian yang pengen banget dikunjungi. Pas lagi nanya-nanya ke temen-temen backpacker di facebook, tiba-tiba ada salah satu postingan temen gw di newsfeed facebook tentang group Umroh Tiket Murah. Spontanlah postingannya langsung mengalihkan dunia kayak iklan Ponds, hehe. Entah kenapa tangan langsung klik Join Group. Beberapa menit kemudian permintaan gabung di group di approved Admin. 2 jam gw abisin buat scrolling cari info group apakah gerangan ini. Berhubung banyak temen backpacker yang gw kenal yang udah gabung di group ini, gw langsung ambill kongklusi bahwa group ini TRUSTED.

Masjid Nabawi
Di salah satu postingan terbarunya, tertulis ada kloter buat keberangkatan bulan Mei. Mata gw langsung zoom in zoom out. Ini waktunya cucok banget sama jadwal gw. Langsunglah gw chat Om Ikhhsan, foundernya UTM. Setelah tanya-tanya dan mastiin seat-nya masih ada, gw langsung browsing nyari tiket menuju Jeddah! Perlu waktu kira-kira 1 jam buat beli tiket dan mastiin kalo semua ini nggak mimpi. Gw beneran berangkat umroh niiiih? Ah masa siiiiih? Ah boong kali nih. Ahhh jangan-jangan fatamorgana nih. Pokoknya ekspresi pas tengah malem itu nggak bisa dideskripsiin. Antara bengong bego, seneng sorak-sorak bergembira sama nangis histeris.

Bismillah. Allahuakbar. Labaik allahuma labaik. Insyaallah, I'll be there soooooooon!

Gimana perjalanan umroh gw bareng UTM dan apa aja yang perlu disiapin buat bisa join umroh bareng UTM? Cek di postingan ini My Umroh Journey: Umroh Bareng UTM

Find me on @fikhanza

0 comments: