Ayam Albaik yang Super Baik

Mei 19, 2017 fikhanza 0 Comments


Salah satu komponen terpenting dari traveling adalah makan. Especially, makan makanan khas yang iconic di tempat yang kita kunjungi. Apalah artinya plesir tanpa aktivitas icip-icip makanan enak, even traveling-nya dalam rangka ibadah umroh atau haji. Like one of my life motto:

Aku makan, maka aku ada,- Fikartes
Di bulan Mei ini, alhamdulillah akhirnya diundang Gusti Allah ke tanah suci. Which is, ini udah jadi dream list yang statusnya TOP PRIORITY. Tapi di postingan kali ini gw nggak bahas tentang umrohnya yaa. Postingan ini khusus buat seporsi ayam goreng yang udah bikin jatuh cintaaaaaah. Namanya ALBAIK. Buat temen-temen yang udah sering woro-wiri ke tanah suci mungkin sering denger si ayam Albaik yang tersohor ini. Bahkan temen-temen gw wanti-wanti "belum ke Arab kalau belum makan Albaik". Awalnya gw sih nggak expect too much. Palingan kayak ayam KFC. Atau jangan-jangan kayak ayam Suka-Suka yang banyak dijual di seantero Cibinong. But you know whattt, that's a big wroooong.

image courtesy ALBAIK

Menu ALBAIK Chicken Meal
Pas nyobain gigitan pertama terus dicocol ke garlic sauce-nya, masyaallah, enaknya pake banget. Duuuuuuuuuh. Gimana yaa, susah jelasinnya. Pokoknya enaaaaaak! Padahal belinya sore lho ( nitip sama pak Kaffi, pemandu umroh rombongan gw yang baiiiik banget) dan baru bisa makan sekitar jam 12 malem setelah selesai Tawaf Wada' . Ayamnya udah anyep dan kentangnya udah lemes, kayak mati enggan hidup tak mau. Tapi sisa-sisa kenikmatan dunianya masih berasa banget. Gimana kalo makan pas anget-enget ngebul, cobaaaak?! Warbiyasak!!!

Selain enak, ayam ALBAIK ini juga gw nobatkan sebagai ayam yang super baik. Kenapa? Cekibrot nih beberapa kebaikan ayam ALBAIK:

1. Murah dan isinya banyak
Kalau ini sih sungguh nikmat Tuhan yang nggak boleh didustakan. Dengan harga nggak nyampe 15 riyal, ( 1 riyal kira-kira 3700 rupiah. Jadi 15 riyal berapa hayooo? Silahkan tulis di comment jawabannya), bisa dapet 4 potong ayam goreng, 1 roti burger, kentang goreng dan garlic sauce yang jadi ciri khas ALBAIK. Jangan pikir ukuran ayamnya seiprit kayak di McD yaaa. Ini ukurannya gede. Dan bagian dada ayamnya dagingnya banyak. Gw curiga ini ayam-ayamnya pada nge-gym wkwkwk.

Penampakan ALBAIK yang udah anyep tapi rasanya masih enyaak

Udah nggak fokus moto. Tawaf sama nangis bombay bikin perut keroncongan
2. Inspiring entrepreneur
Foundernya, Shakkour Abu Ghazalah, bisa kita jadiin role model dalam berbisnis. Doi memulai ALBAIK, yang dulunya bernama Broast Restaurant, dari salah satu gudang tua di Jeddah. Om Shakkour yang gigih ini akhirnya berhasil mengubah gudang tua itu jadi restoran. Sedihnya, beliau wafat karena kanker setelah pembukaan restorannya, hiks. Bukan hal gampang lho menjaga konsistensi rasa. Jadi kerja keras sang anak yang jadi penerus restoran ini, Ihsan AbuGhazalah, juga patut diacungi jempol

Menurut data di webnya, setelah kematian ayahnya, sang anak harus mulai bisnisnya lagi dari nol. Karena harus bayar utang perusahaan, menghemat budget produksi dan tentunya bersaing dengan follower ALBAIK yang mulai bermunculan dimana-mana setelah kesuksesan ALBAIK. Salah satu turning point nya mengubah nama Broast Restaurant menjadi ALBAIK. Dengan semangat baru, wajah baru, quality product yang lebih kece dan tentunya customer service yang lebih keren, ALBAIK berhasil stand out dengan unique selling point nya sendiri.

3. Give back to community program
Sebagai ucapan terima kasih ke customer-nya, ALBAIK men-support dan menginisiasi beberapa program sosial. Diantaranya The Young Scientist program yang mendukung pendidikan di bidang sains. Clean Up The World program, yang bekerja sama dengan United Nations Environment Program (UNEP) untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Membangun taman-taman melalui program 100 Parks in 100 weeks yang bekerja sama dengan Jeddah Park Organization dan masih ada beberapa program CSR lainnya yang concern in social issue.


For closing statement, I'm falling in love with ALBAIK. Yes I do. Not only the taste but also the story behind the brand. Thank you for your inspiration. I wish I can build a business like that, not only about money and profit, but also give good impacts on society. Amin! :)

P.S: If ALBAIK company needs digital consultant to manage their international digital assets, I will voluntary give my support. No charge. In return, I hope you can donate meals for Indonesian workers especially those who work in Al Masjid Al Haram and Nabawi Mosque. I handled KFC digital assets before :)

Find me on @fikhanza




0 comments: