Ginggang, Si Tua yang Gagah Perkasa

Desember 17, 2015 fikhanza 0 Comments



Hai kamu yang di sini di sana di mana-mana! Tempat nongkrong apa yang lo kunjungi kalau lagi ke Jogja? Angkringan, lesehan atau kafe dengan makanan unik yang kekinian? Nah gw mau kasih salah satu tempat referensi buat nongkrong vintage sambil mengenang masa lalu, yang udah lahir ke muka bumi mungkin semenjak bokap lo belum lahir.


Namanya Ginggang. Bukan tempat jual ganggang. Tapi tempat minum-minum jamu lucu di kawasan Pakualaman. Tepatnya di Jalan Masjid No 32 Pakualaman. Konon kata si mbah yang ngelayanin gw waktu itu, warung jamu ini udah berdiri sejak jaman Sri Pakualaman ke VI atau sekitar tahun 1930. BEUH, udah tuir! :D



Pendirinya, Mbah Joyo, adalah seorang abdi dalem Pura Pakualaman Yogyakarta yang bertugas sebagai tabib kerajaan. Konon dari cerita si Mbah pelayan, Mbah Joyo ini sakti banget ngeracik tanaman dan herbal tradisional. Karena jamu-jamunya terbukti cucok dan berkhasiat, Sri Pakualam nyaranin Mbah Joyo untuk buka warung jamu yang diberi nama Tan GinggangTan Ginggang sendiri artinya  Tansah Renggang yang harapannya kira-kira supaya hubungan keluarga Keraton Pakualaman dan rakyatnya senantiasa rukun dan dekat tanpa ada jarak di antara kita. Aiiih, sedaaaap!

Di tahun 1925, pengelolaan warung jamu diteruskan ke generasi penerusnya yaitu Mbah Puspo Madya dengan perubahan nama menjadi Jamu Ginggang (Apalin tahunnya bro! Keluar di UAS! :p ).

Keluarga yang lagi malem mingguan di Jamu Ginggang. Bener-bener bukti tidak ada jarak di anatara kita, kan? Tua muda, laki-laki perempuan, jomblo ataupun yang udah berkeluarga semuanya stay tune di tempat ini. Sungguh kebersamaan dalam segelas jamu #tsaaah


Di Jamu Ginggang lo bisa temui spesies-spesies jamu asli tanah jawa. Dari yang bentuknya aneh sampai yang sering lo liat di dapur nyokap ada di sini. Jamu-jamu di sini udah terkenal bisa bantu penyembuhan penyakit berat kayak kanker, hepatitis sampe batu ginjal. Ada juga jamu sehat pria dan jamu-jamu khusus untuk kaum hawa. Nggak cuma jamu yang pait, jamu yang rasanya lebih ringan kayak beras kencur sama kunyit asem pun ada. Lo bisa pilih menu yang regular sampai menu yang komplit sama madu dan telor. Butuh kehangatan karena udah terlalu lama sendiri? Pesen aja jamu yang anget. Kalau lo merasa gerah jengah bergairah, coba deh pesen yang dingin pake es batu. Seger bangeeet!

Mau belajar ngeracik jamu? BISA BROOO! Bawa aja bahan-bahannya dan tim Jamu Ginggang siap buat nurunin ilmunya. Eitss, tapi dengan catatan. Lo harus kabarin dulu sebelum dateng buat belajar.

Kalau bukan kita anak muda yang bantu lestarikan jamu, siapa lagi Bro? Ayo bikin minum jamu jadi gaya hidup kekinian yang juga menyehatkan ;)

Daftar menu Jamu Ginggang
Es beras kencur komplit pake madu dan telor ayam kampung

Bangunan warung Jamu Ginggang dari luar. Vintage, old dan eksotis


Dapur tempat para chef meracik jamu





Fika's HiLite

Alamat: Jl. Masjid No.32 RT 034/RW09, Kauman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55111, Indonesia

Jam buka: 09:00 s/d 20:30 WIB

Harga; Rp 4.000,- s/d Rp 20.000,-

Menu favorit: Beras kencur

How to get there:
  • Pakai motor atau kendaraan pribadi: Langsung menuju daerah Pakualaman. Letaknya di sebelah timur Pura Pakualaman Yogyakarta. Dari Jalan Sultan Agung, masuk ke gang dekat Bakso Jawir atau Apotek Kimia Farma
  • Kendaraan umum: Trans Jogja. turun di Halte Puro Pakualaman, jalan kira-kira 5 menit


0 comments: