Makanan Halal di Bali. Must Try!

April 15, 2013 fikhanza 11 Comments


Yohoooo! 
Nice to meet you guys! Finally I can write something about Bali, one of my fav city. Yeay!

Sure, kalau lagi #bekpekeran, belum afdol rasanya ya kalau blm icip-icip makanan khas daerah yang kita kujungi. Bali pun pastinya punya makanan yahud bin ajib yang harus dicoba. But wait, I'm a moslem and I must eat halal food. Sementara di Bali, di pantainya aja sate babi dijual bebas lho! Masuk ke warteg hidangannya pun daging babi. Terus gimana dong? Nggak asik kan ya kalau jalan-jalan ke Bali tapi cuma makan fast food yang notabene di Jakarta banyak? Oh, no! So what must we do? Memang di Bali nggak ada makanan khas yang halal kah? Ujung-ujungnya makan P8P Mie atau Masakan Padang nih! :D

Heeeei, wait! Siapa bilang Bali nggak punya makanan halal! Makanan Halal di Bali yang must try! Check this out! 

1. Sate Lilit
Bahan aslinya dari ikan tuna. Tp sekarang sudah banyak modifikasi. Jd kamu yang nggak suka ikan juga bisa makan kok. Ada yang dari ayam dan bahkan dari udang. Yang jelas nggak akan ada sate lilit berbahan daging sapi. Tahu kenapa? Karena sapi  termasuk hewan yang dianggap suci di Bali (tanya sendiri jawab sendiri, haha!). Pokoknya kalau ada penampakan sate yang batangnya pakai batang serai, beli aja ya! Enak bin halal!

Sate lilit yang terkenal ada Sate Lilit Be Pasih (Jalan Pemuda III No. 24, Renon Bali) dan Sate Lilit Warung Sari Merta (jl. Pulau Moyo - Denpasar).

2. Betutu
Ada yang nggak tahu ini? Wadoooh sumpah kalau kamu nggak tahu kebangetan! Seriously rasanya enak pake banget! Mostly jenis betutu yang dijual bahannya daging ayam atau daging bebek. Betutu sendiri kira-kira pemahamannya itu lauk utuh yang isinya bumbu. Aslinya pembuatannya dipanggang di api sekam atau diungkep pakai dandang.

Ayam betutu yang terkenal namanya Ayam Betutu Khas Gilimanuk di Jalan Merdeka No.88, Renon. 




3. Nasi Jinggo
Nah ini makanan favorit backpacker yang berprinsip ekonomi tinggi, wehehe. Harganya murah. Kira-kira mulai dari Rp 1000,- sampai Rp 5000,-. Kalau kamu di Jogja, kamu bisa soan sama Nasi Kucing. Nah kalau ke Bali, Nasi Jinggo inilah yang bakal jadi teman akrabmu. Cocok buat traveler perempuan yang lagi diet karena besar porsinya hampir persis kayak nasi kucing. Cuma isinya agak beda guys. Biasanya lauknya mie goreng, sambal, serundeng, dan ayam suwir pedas. 

Belinya dimana? Pedagang nasi jinggo biasanya stay tune di pagi hari di pantai-pantai wisata dan hotel-hotel yang banyak traveler-nya. Gampang kok nyarinya! ;)

Nah itu dulu deh ya. Nanti yang lainnya aku tulis di postingan lain biar nggak terlalu panjang. Trip more. Learn more! \0/

Cheers!
Poke me on @fikhanza





11 komentar:

  1. Ada lagi Rumah makan Halal di Denpasar yang harus diketahui oleh para pelancong yang datang ke Bali. Nama Rumah Makan itu adalah Mr.Baba. Kalau dilihat namanya agak berbau timur tengah gitu, emang betul rumah makan ini menyediakan aneka menu mulai dari Nasi Kebuli Kambing, Roti Cane, kebab, Ayam goreng sampai makanan khas Bali yaitu Ayam Betutu, yang pasti disini 100% Halal. Rumah makan ini terletak di jalan imambonjol no.541 tlp 0361-8234579. Letaknya 50 mtr dari Carefour Imambonjol..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak temenku cerita tentang Mr Baba ini, jadi penasaran, hehehe. Makasih banyak infonya :)

      Hapus
  2. klo pas di sekitaran kuta coba mampir ke "warung malang seafood and chinese food" yaa,!
    style sea food dan chinese food ala indonesia,.krna pemiliknya asli jawa malang dn muslim tentunya
    alamatnya
    ada di raya kuta tuban no 99x..ama di jalan patimura kuta no 1b,.
    contac 081999209900

    terimakasih matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau ke Kuta coba mampir deh. Makasih banyak lho infonyaaa. Matur nuwun :)

      Hapus
  3. Sayangnya entah kenapa Mr. Baba sering tutup; Nasi Kebuli nya juga enak tapi porsinya terhitung mungil kalau buat pria :D

    BalasHapus
  4. Kalau doyan pedas cobain juga Nasi Pedas Ibu Andika dan Ibu Anik di Kuta; dua-duanya diciptakan dan dibuat sama pendatang dari Banyuwangi (Jatim) dan halal.

    Jangan lupa maen-maen ke http://facebook.com/halalbali buat referensi lainn makanan halal di Bali ya Fika :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah makasih banyak infonya Mas. Bagus facebooknya :)

      Hapus
  5. Halo gan.. nitip info nih. Jika ada yang butuh Dus Makanan bisa hubungin kita Greenpack :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan. Terima kasih infonya :)

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Mantap nih min, buat refernsi kalo di bali. siapa tau bisa ke Bali lagi, pengen backpacker an :D

    BalasHapus